Selasa, 17 April 2012

Tulisan Softskill Teknologi Informasi & Multimedia


APLIKASI SKYPE DAN WHATSAPP SEBAGAI MULTIMEDIA

Skype adalah salah satu software VoIP (Voice over Internet Protocol) arti gampangnya, mengirim data suara melalui internet. artinya, orang bisa telepon melalui internet. dan mengingat internet sekarang semakin banyak digunakan dan semakin murah, hal ini bisa jadi sangat berguna. terutama untuk telpon keluar negeriyg kalau melalui telepon biasa sangat mahal sedangkan melalui Skype bisa Gratis.
Jenis pengunaanya sendiri ada 2 : antar komputer dan dari komputer ke telpon biasa. antar komputer gratis, sedangkan ke telepon biasa mesti bayar dengan cara membeli semacam Credit (tapi biayanya sendiri masih lebih murah daripada telpon internasional)
Cara pakenya sih simpel aja, siapin alat unt ngomong (mic) unt denger (speaker/headset), komputer dan internet. komputer yg mau diajak ngomong (telpon anter komputer) juga perlu punya semua itu. dan juga skype account (buat gratis di situsnya). sedangkan kalo ke telpon biasa, cuma perlu 1 komputer saja. sbenarnya caranya sangat simpel. .
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara. Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.
Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar.
WhatsApp adalah aplikasi messenger yang mirip dengan Blackberry Messenger (BBM) yang awalnya dibuat untuk Iphone. Sekarang applikasi ini bisa berjalan di Blackberry, Android dan Symbian. Applikasi ini memungkinkan HP bisa BBM-an seperti pada Blackberry “BB”, atau chat dengan Iphone dan juga symbian dari Android atau sebaliknya.
WhatsApp Messenger merupakan cross-platform mobile yang menggantikan SMS dan bekerja melalui data internet yang ada di perangkat HP yang anda miliki. WhatsApp tersedia untuk iPhone, BlackBerry, Android dan ponsel Nokia Symbian60. Karena WhatsApp Messenger menggunakan internet data plan yang sama yang Anda gunakan untuk email dan browsing web, tidak ada biaya untuk pesan dan tetap berhubungan dengan teman-teman Anda.
Bagaimana WhatsApp Messenger berbeda dari SMS ?
SMS adalah suatu sistem pesan yang lebih tua/lama dengan fungsi terbatas dan biaya tinggi. WhatsApp Messenger bertujuan untuk menyediakan dengan biaya lebih rendah.
Kelebihan dan fitur dari WhatsApp adalah sebagai berikut :
  • Multiplatform : iPhone, Android, BlackBerry, Nokia
  • Grup Chatting : Chating semakin menyenangkan bersama group yang anda miliki
  • Notifikasi Pemberitahuan :Akan ada pemberitahuan jika app tidak berjalan!
  • Gratis Teks & MMS : Mengirim pesan teks, video, gambar, audio gratis
  • Kontak Instan : Chat dengan teman-teman di buku alamat yang anda miliki langsung
  • Pesan Offline : Dijamin pengiriman bila online
  • Chatting Backgrounds : Pilih dari set atau bahkan galeri foto Anda
  • Status kustom : Beritahu semua orang apa yang ada di pikiran dan sedang Anda lakukan!
Masih banyak lagi fitur dan kelebihan dari WhatsApp Messenger untuk Android, BlackBerry, IPhone dan Symbian ini. Bisa anda coba dan rasakan bila menggunakan langsung pada ponsel atau smartphone yang anda miliki dan silahkan chating ke teman” dengan berbagai macam platform yang berbeda.
“Ada beberapa app (aplikasi) yang adopsi sistem BBM, yaitu Cnectd, Pingchat, pMessenger, Live Profil, dan WhatsApp. Integrasi ke sistem, sistem PIN, stabilitas, fitur dan proses pengembangan, menjadikan WhatsApp yang terbaik untuk kelas ini.”
Referensi :
otakkacau.net/.../whatsapp-messenger-untuk-android-blackberry-iph
ullamuhnasrul.wordpress.com/.../pengertian-skype-wikipedia-version

Tidak ada komentar:

Posting Komentar